B_Istanto’s Blog

10 April 2009

AC inverter, lompatan baru penghemat listrik

Filed under: Efisiensi — Tag:, — benistanto @ 03:19

Dibandingkan dengan Air Conditioner (selanjutnya disebut AC) pada umumnya, AC dengan inverter menawarkan beberapa kelebihan.

Yang terutama adalah penghematan listrik. PT Panasonic Gobel Indonesia, salah satu produsen AC inverter mengklaim penghematan listrik yang bisa tercapai adalah hingga 50%. Sedangkan Daikin, produsen lainnya, dengan nama VRV (Variable Refrigerant Volume) tidak mencantumkan angka yang pasti, hanya menyatakan bisa ‘membaca’ situasi pemakaian.Cara kerja dari inverter tersebut adalah menghilangkan siklus start-stop seperti pada AC konvensional. Pada AC konvensional, motor kompresor segera berhenti bila AC telah mencapai suhu dingin, dan segera ‘bekerja’, lagi bila suhu menjadi panas. Untuk memutar motor kompresor, setiap kali berputar diperlukan daya 900 Watt (untuk kapasitas 1 PK) dan berulang setiap kali kompresor mati.  Sedangkan AC Inverter tetap menjalankan motor kompresor tetapi dengan mengubah arus AC (arus bolak-balik) menjadi arus DC (searah) dan menyesuaikan putaran sesuai frekuensi dengan bantuan mikrokontroler. Untuk start awal hanya butuh daya 750 watt, dan untuk menjaga suhu optimal hanya butuh daya 300 watt saja. Dengan memotong siklus start-stop inilah penghematan listrik dapat tercapai.

Kelebihan kedua adalah pencapaian suhu pendinginan yang lebih cepat. Bila waktu lebih cepat, otomatis listrik yang digunakan juga lebih hemat. AC inverter dapat mencapai suhu dingin dengan waktu lebih cepat karena suhu dingin ‘dijaga’. Tidak seperti AC konvensional yang langsung mematikan kompresor begitu suhu dingin tercapai, AC inverter masih tetap berputar (dengan memakai arus DC, bukan arus AC) dan menjaga suhu pada kisaran yang diinginkan.

tabel pencapaian suhu dingin

tabel pencapaian suhu dingin

Kelebihan ketiga adalah faktor kebisingan. Karena terus berputar, AC inverter telah dirancang untuk berputar pada putaran yang lebih ringan, karena harus dapat berputar dengan arus DC. Karena berputar lebih ringan, maka suara yang dihasilkan juga lebih halus. Berbeda dengan AC konvensional yang mengandalkan arus AC, sehingga setiap kali memulai siklus start-stop, motor kompresor akan ‘berteriak’ untuk memulai bekerja dengan beban yang lebih berat.

PT PGI selain mengandalkan fitur inverter, juga menjaga kelembaban udara sehingga anda tidak merasa ‘kering’ ketika berada dalam ruangan. Yang tidak kalah penting adalah adanya fitur filter udara, dimana sensor akan ‘mencari’ partikel berbahaya seperti debu, jamur, bakteri, alergen atau jasad renik yang berada di udara. Kemudian melepas ion negatif yang akan menangkap, lalu melumpuhkan partikel berbahaya tadi, dan menyerapnya melalui filter yang telah diberi muatan positif sehingga menjaga udara tetap bersih dan segar.

Tetapi, untuk dapat menebus kelebihan-kelebihan tersebut di atas, tentunya ada juga kekurangan yang harus ditebus. Beda dengan AC konvensional, harga AC inverter relatif lebih mahal. Untuk seri Envio, dilepas dengan kisaran harga RP 4,5 juta.

Anda tertarik?

About these ads

2 Komentar »

  1. Saya tertarik, dan sudah membeli AC Panasonic yg menggunakan teknologi Inverter.
    Tapi kok setelah dipasang, kok malah ga dingin ya ???

    malah td setelah saya coba nyala selama 3 jam, kamar ga dingin2, malah AC nya mati sendiri…

    trus dinyalain…dalam 1 menit mati sendiri.

    ada yg bisa bantu ??

    Komentar oleh Stefanus Wardoyo — 3 Mei 2009 @ 08:46

    • Coba dicek dulu ampere-nya, pake tang ampere. Lihat technical spec di nameplatenya.
      Kalau amperenya lebih tinggi, kemungkinan isi refrigerantnya terlalu banyak. Akibatnya compressor terlalu panas, lalu overheat, dan shutdown. Cara penanggulangan adalah mengurangi isi refrigerant.
      Kalau refrigerant terlalu dikit, ruang gak dingin-dingin, tapi biasanya AC gak mati sendiri.
      Lebih detail, cek lagi pipa-pipanya, barangkali ada yang tertekuk. Selamat mencoba

      Komentar oleh benistanto — 6 Mei 2009 @ 13:40


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: